TRTB

Sebagai Satuan Kerja Perangkat Daerah yang  bertugas melaksanakan urusan pemerintahan daerah di bidang Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya (PU-BMCK) memiliki bidang Tata Ruang dan Tata Bangunan (TRTB) yang menangani pengelolaan tata ruang dan bangunan. Bidang ini dipimpin oleh Suparni, ST, MT, Selaku Kepala Bidang yang secara struktural berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Dinas.

Tugas pokok yang diemban oleh bidang Tata Ruang dan Tata Bangunan sesuai dalam Peraturan Bupati Tulungagung nomor 27 Tahun 2008 adalah melaksanakan perumusan kebijakan, menyelenggarakan bantuan teknis kepada SKPD, melaksanakan pengelolaan kegiatan peningkatan pembangunan dan pemeliharaan, melaksanakan pengawasan, evaluasi dan pengendalian, menyiapkan rekomendasi teknis ijin mendirikan bangunan serta melaksanakan perda kabupaten tentang kebijakan dan strategi di bidang tata ruang dan tata bangunan.

Selain tugas-tugas pokok tersebut, bidang tata ruang dan tata bangunan memiliki berbagai fungsi yang dijalankan dalam rangka pelaksanaan tugasnya. Di antaranya adalah pembinaan pelaksanaan kegiatan tugas setiap seksi, pemanfaatan tata ruang dan bangunan, pengawasan IMB dan penyelenggaraan pelaksanaan kegiatan dalam menjalankan kebijakan teknis di bidang tata ruang dan tata bangunan. Selain itu bidang Tata Ruang dan Tata Bangunan juga melakukan pemberian pembinaan, bimbingan, pengawasan dan pengendalian teknis peningkatan, pemeliharaan dan pemanfaatan di bidangnya, pelaksanaan perda di bidang tata ruang dan bangunan serta pengembangan teknologi terapan di bidang yang ditanganinya ini.

Untuk memperlancar tugas pokok dan fungsinya tersebut, Kepala bidang Tata Ruang dan Tata Bangunan membawahi 3 (tiga) seksi yang masing-masing dipimpin oleh seorang kepala seksi dengan tugas-tugas sebagaimana diatur dalam Peraturan Bupati Nomor 27 Tahun 2008. Seksi-seksi yang berada di bawah bidang tata ruang dan tata bangunan adalah Seksi Perencanaan Teknis Tata Ruang dan Tata Bangunan, Seksi Pembinaan Teknis Tata Ruang dan Tata Bangunan serta Seksi Pemanfaatan Tata Ruang dan Tata Bangunan.